Senin, 10 Februari 2020

Panduan Usaha Digital Printing

  fagundes       Senin, 10 Februari 2020
Ingin mempunyai usaha percetakan (percetakan digital, dsb) serba ada atau one stop shopping printing? Coba kamu simak baik-baik masukan berikut ini, yang adalah rangkuman disukusi serta sharing pengalaman tentang usaha percetakan digital / digital printing, gambarcopy, design grafis, warnet juga rental komputer.

Panduan Usaha Digital Printing

Tentukan sasaran konsumen
Umpama:
Untuk orang-orang yang butuh jasa cetak digital cepat spt undangan, kartu nama, presentasi, brosur, dll. Pastinya wajib instant atau dapat ditunggu sebab memakai digital printing/cetak digital yg meniadakan proses konvensional yg lama. Faktor ini membutuhkan modal yang lumayan besar sebab mesin percetakan terhitung ratusan juta. Ada yang namanya plotter indoor maupun plotter outdoor. Mungkin dapat pula menekan anggaran melewati leasing atau kredit ke bank untuk pembelian printer, komputer, dll.

Berikut pengalaman membuka usaha cetak digital serta usaha penerbitan yang dimulai dari menerima settingan dulu, sebelum menjalar ke proses lainnya atau tak langsung membuka usaha dengan skala besar.

Secara umum, modal yang besar pastinya bakal memudahkan meperbuat usaha bisnis percetakan. Tetapi, bukan berarti modal kecil bakal menghambat usaha. Dapat dimulai dari networking terlebih dulu sambil mencari investor, customer product, partner, serta supplier yang mengharapkan order cetakan.

Jangan berpikir kalau mesin digital yang rutin mahal. Ada solusi untuk itu. Dengan modal awal Rp. 10jt untuk membuka usaha digital printing, maka bakal diperlukan berbagai faktor berikut:

1 komputer P4 dengan spesifikasi grafis (beli second lebih terjangkau ) Rp. 4jt bahkan ada yang lebih terjangkau
1 printer laser untuk bikin film sablon Rp. 1jt
1 scanner Rp. 500rb
1 printer inkjet (merek terserah cari ukuran A4 utk awal, tapi cari refill tinta yang bernilai, untuk menghindari catridge tak jarang rusak sebab nilai tinta yang jelek) Rp. 500rb Sisanya untuk sewa tempat, pengadaan kertas serta sedikit promosi untuk order percetakan.
logoblog

Thanks for reading Panduan Usaha Digital Printing

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar